Sabtu, 29 Mei 2010

SADAP WATERFALL


Letaknya kira-kira 45 menit perjalanan dengan mobil dari Koba, Bangka tengah. Sekitar 75 km dari Pangkal pinang. Jalan aspalnya termasuk bagus hanya setelah desa Perlang belok kanan jalan masuknya sekitar 3 km masih tanah merah, sisanya sampai ke dusun Sadap sudah aspal mulus.

Pemandangan sepanjang jalan masuk indah sekali. Kalau dilihat dari kejauhan dusun Sadap ini seperti lembah yang dikelilingi perbukitan. Ada beberapa kolong bekas galian timah yang menyerupai danau kehijaun. Sawah tadah hujan yang mulai berbuah dan perkebunan kelapa sawit.

Air terjunnya sendiri terletak 1,5 km dari perkampungan. Memang tidak terlalu tinggi. Air terjun ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Jadi hebatnya Sadap ditengah krisis listrik pulau Bangka mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri tanpa bergantung pada PLN. Listrik yang dihasilkan mampu mengaliri kira-kira 170 rumah yang ada di dusun ini. Memang belum gratis, karena mereka masih harus membayar petugas pengelola. Setiap rumah dikenakan biaya Rp.15.000,- per rumah dengan pemakaian standar 3 bola lampu.

Air terjun Sadap ini termasuk aset wisata Bangka tengah yang masih murni. Belum dikelola oleh pemerintah setempat. Padahal bagus juga untuk tujuan wisata alternatif selain wisata bahari, wisata religius dan wisata sejarah. Pemandangannya yang hijau, udaranya yang bersih dan sejuk ditambah masyarakatnya yang lugu sangat cocok untuk tempat melepas penat dihari libur bersama keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar