Sabtu, 01 Januari 2011

SUDAH CUKUP MINUM AIR PUTIH BELUUUUM????

Hal mudah yang biasa disepelekan, minum air putih. Ternyata kekurangan cairan bisa menimbulkan banyak masalah. Tentu aja yang paling jelas adalah tenggorokan kering dan gigi jadi garing, hehe. Tapi beneran, ini adalah beberapa contoh gejala penyakit yang disebabkan karena kurangnya pasokan air pada tubuh : perut panas/dyspepsia, sakit kepala, migrain, alergi, asma, nyeri sendi, nyeri pinggang, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.

Kira2 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah, otak memiliki komponen air sebanyak 90% sementara darah memiliki komponen air 95%. Untuk metabolisme setiap 24 jam tubuh mendaur ulang 40 ribu gelas air @250 ml atau 10 ribu liter untuk memelihara fungsi2 normalnya dan dilakukan terus menerus sampai akhir hayatnya. Dalam pola metabolisme air serta proses daur ulangnya yang tergantung kondisi lingkungan, tubuh jadi kekurangan air sekitar 6-10 gelas air sehari.

Nih ada cara buat cari tau apakah kita udah cukup minum air putih atau belum, kalo pipis perhatiin warna air seni-nya. Air seni yang bewarna jernih berarti pasokan air dalam tubuh sudah cukup. Tapi kalau keruh berarti ada gejala dehidrasi. Dan kalau oranye artinya udah bener-bener dehidrasi. Normalnya, kebutuhan air minimal dalam tubuh setiap harinya adalah 30 ml tiap kilogram berat badan. Kalo kerja di tempat panas, olah raga atau banyak berkeringat jumlah itu harus ditambah sesuai dengan kehilangan cairan lewat nafas dan keringat. Mending kelebihan deh daripada kurang, kalo lebih kan bisa dikeluarin lewat kencing.

Kalo diinget-inget, aku paling males yang namanya minum air putih. Pas haus aja minumnya sedikit apalagi kalo lagi gak haus. Minum banyak bikin repot ke WC. Tapi ya gitu deh, mudah sakit pinggang. Sepedaan 4km aja pinggang ku udah nyeriiii banget. Udah itu perut emang sering panas. Dan kalo diperhatiin, warna air seni ku kekuningan gitu. Issshh..isshh..iiissshh...ternyata emang parah nih dehidrasinya.

Mulai sekarang banyak2 minum ah..mending repot bulak balik ke WC deh daripada kelak repot bulak balik ke rumah sakit lantaran dehidrasi kronis. Eh, padahal masalah minum air putih ini aku yakin udah pada banyak yang tau ngelotok kering, tapi aku juga yakin deh masih banyak tuuh yang kayak aku, males minum lantaran males ke kamar mandi. Apalagi kalo lagi diluar rumah. Hayooo..ngakuuu...

(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar