Selasa, 15 Desember 2009

PILIH PILIH MAKANAN

Jadi ingat lagu rhoma irama, 'kenapa yang enak2 itu yang di larang', begitulah makanan. Bukan dilarang sih, tapi kurang baik utk kesehatan. Makanan yang enak2, biasanya sih seperti fast food, makanan berlemak, makanan yang manis2, yg pedas, cenderung tidak baik untuk kesehatan. Tapi jaman sekarang gituloh, siapa sih yang gak kenal fried chicken, sphagetti, pizza, steak,bakso, kue tart, dan segala jenis makanan gaul produk masa kini. Kita biasanya sangat senang memanjakan lidah dengan makanan2 yg tidak sehat. Padahal kesenangannya hanya sebatas ujung lidah sampai tenggorokan. Lewat dari situ cuma sampah yang akan mengotori lambung. Efeknya? Kalo nggak body jadi ndut, ya gangguan lambung dan gangguan pencernaan.

Oya, tentang gangguan lambung, jangan sepelein penyakit magh lho. Karena sakit magh brkepanjangan bisa menyebabkan kanker lambung. Dan biasanya kanker lambung ini baru terlihat gejalanya setelah sudah sangat parah, inilah yang menyebabkan penderita kanker lambung jarang yang selamat. Kecuali yang melakukan pendeteksian secara dini. Biasanya dengan endoskopi atau yang lebih canggih lagi pakai endoskopi kapsul. Dan pengobatannya selain dengan obat2 yang sangat mahal, tentu aja, pengaturan pola makan. Nah, see? Ujung2nya kan pengaturan pola makan juga. Termasuk jenis makanannya.

Pokoknya kalau sudah sakit repot dah. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Dan itu nggak susah kok. Mulailah dengan kebiasaan2 kecil yang baik seperti mengunyah lama2 makanan sebelum d telan, banyak minum air putih dan mulailah pilah pilih makanan. Pilah-pilih disini maksudnya tentu aja memilih makanan yang sehat dan baik bagi tubuh. Bukan hanya sekedar memanjakan lidah sesaat tapi berakibat fatal yang akan kita tanggung bertahun-tahun kemudian. Dan makanan yang sehat tidak selalu lebih mahal. Malah kadang lebih murah dan sederhana. Tentu aja juga bisa enak tergantung cara pengolahan dan penyajiannya.

Marilah mulai peritungan sama lidah. Hilangkan kebiasaan memanjakan lidah yang hanya sekejap dengan lebih memikirkan kesehatan lambung dan tubuh. Karena kesehatan itu adalah aset yang sangat mahal dan investasi yang tak terkira harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar