Minggu, 24 Januari 2010

BONEK

Bonek, istilah ini muncul mulai tahun 1989 waktu ada skelompok besar pendukung Persebaya datang ke Jakarta dengan modal nekad.

Bonek, bondo nekad. Jadi beken lantaran aksi2 anarkisnya. Terkenal banget suka bikin kerusuhan. Sudah dua hari ini selalu jadi topik berita utama di semua stasiun tv. Mulai yang naek kereta sampe ke atap2 gerbong, yang ngejarah makanan jualan di stasiun kereta yang dilewatin, yang jatuh dari kereta, sampe yang ditimpukin di solo. Mereka pan pada mau nonton tuh ke Bandung. Liat aksi2 anarkis mereka jadi serem deh. Jadi kalo liat suporter Persebaya yang pake kaos hijau, asumsi kita langsung aja, huh biang rusuh, gitu.

Tapi sebenernya gimana sih kalo menurut si bonek sendiri? Apa emang begitu tingkah laku suporter Persebaya? Jelas enggak donk. Ada salah seorang yang sempat bicara sama media yang sangat menyesalkan kejadian itu. Menurut mereka yang anarkis itu hanyalah beberapa gelintir aja dari ribuan suporter yg ada. Iya juga sih. Namanya juga orang rame. Pan susah juga ngelurusinnya satu2. Kalo udh rame gitu mudah terprovokasi lagi. Tapi ya seperti kata pepatah, karena nila setitik rusak susu sebelanga. Jadinya semua suporter yang baju hijau kena getahnya. Entah mereka ato bukan yang salah eh d satu tempat kena sambit batu ato digebukin rame2.

Semoga para suporter Persebaya punya usaha ato solusi untuk memperbaiki citra buruknya. Takutnya ntar ngefek ke opini publik tentang orang surabaya lagi kan, ato tentang kota surabaya. Kan rugi. Belum lagi efek langsungnya, seperti pelarangan hadir dilapangan pertandingan. Malah denger2 kemaren Persebayanya kena sangsi denda. Kan kasian. Jaya terus deh Persebaya. Bravo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar