Senin, 25 Januari 2010

PEMBOBOLAN REKENING VIA ATM


Sepekan ini heboh pembobolan rekening via atm. Menurut berita, sudah 25 milyar dana nasabah yang berhasil dicuri komplotan kerah putih ini. Sudah ada 7 orang tersangka yang ditangkap. Sementara korban yang melapor makin hari makin bertambah. keesiiiaan. Pokoknya yang punya jumlah rekening berjuta-juta resah abis deh dibuatnya.

Konon kabarnya modus para pelaku ini dengan cara memasang alat yang namanya skimmer untuk mengcopy data dari pita magnetik kartu ATM korban. TRus datanya dipindah ke kartu lain -yang bisa dibeli dengan mudah di pasaran-buatan pelaku. Alhasil, transaksi yang dilakukan si penjahat dianggap legal oleh pihak bank. Akibatnya si korban susah donk mau mengklaim tanggung jawab bank. Repot dah pokoknya. jadinya klo dipikir-pikir, punya uang resah, gak punya uang gelisah.

Ada-ada aja sih kejahatan jaman sekarang. Efek dari kcanggihan teknologi. Seperti teman ku bilang, kalo ada akun, pasti ada celah buat dibobol. Emang sih pernah denger, eh, denger apa baca ya, lupa..katanya ada tuh sejenis virus (tp bukan virus) kayak trojan gitu, dia tuh fungsinya diem gak ngerusak tapi nangkepin data2 dan pin untuk dipake sama pemasangnya buat aksi kriminal kayak skarang ini nih. Aku kira itu cuma ada di film2 ato di novel-novel doank, eh gak taunya kejadian juga. Bener-bener meresahkan.

Ayooo..yang punya tabungan banyak buruan diperiksa. Diantisipasi. Misalnya, hati2 kalo mau pake mesin atm periksa dulu mulut kartunya, kira2 masih orisinil ato jangan2 sudah pernah d bongkar dan dipasangi skimmer. Trus kalo ngetik PIN keypadnya ditutupi untuk mencegah adanya spy cam yang ngintip PIN kita. Dan lakukan penggantian PIN sesering mungkin. Apa ditarikin aja ya duitnya. Pihak bank jadi ketar-ketir donk klo semua pada narikin uangnya. Lagian kalo yang uangnya banyak banget, repot juga mau disimpen dimana. dibawah kasur? heeeuu...Aku sempat juga teringat rekening ku. Alnya inget2 dulu pernah bertransaksi di dunia maya. Tapi aku langsung lega, tabunganku kan udah lama kosong, hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar