Jumat, 05 April 2013

MY FIRST DAY IN BELITONG

floating hospital

bersama dr. Lie

Pernah dengar DoctorSHARE? Pasti enggak..hehe..nuduh. Aku juga baru tau setelah googling. Doctor share itu sekumpulan dokter peduli yang sering mengadakan bakti sosial. Pendirinya dr. Lie A Darmawan, nah, dia ini sepupu bu Eva, teman ku. Jadi dr. Lie ini baru launching Rumah sakit apung atau floating hospital dan sedang mengunjungi Belitung. Bu eva pingin ketemu beliau sambil menjajagi kemungkinan floating hospital ini mengunjungi Bangka Tengah.

Jadi bu Eva minta temani aku ke Belitung. Asyiiiikkk....siap!!! Dengan senang hati.Maklum, walau sudah bertahun-tahun tinggal di Bangka, sekali pun aku belum pernah berkunjung ke Belitung. Karena Bangka dan Belitung beda pulau, untuk kesana kita masih harus menyeberangi lautan atau melintasi udara. Hampir seperti ke Palembang.

Jam 08.00 kami berangkat dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang dengan pesawat fokker, sky aviation. Iddiiw..pesawatnya mungil, kapasitas penumpangnya 52 orang. Hihi..bu Eva sempat parno juga. Insyaallah, aman deh bu..kecil-kecil cabe rawit nih.

Setelah 35 menit di udara akhirnya kami sampai di Bandara Hanandjoeddin Tanjung Pandan. Wih..pendaratannya alus. Mulus. Lega deh. Tepat waktu lagi. Oya, saat ini penerbangan dari Pangkalpinang ke Tanjungpandan dengan sky ada dua penerbangan, jam 08.00 dan jam 15.00.

Di Tanjungpandan kami sudah dijemput rental mobil mitra, kita sudah pesan kemarin. Dapat data dari internet. Langsung menuju Manggar, karena katanya bakal ada ceremonial dulu yang dibuka Bupati Beltim, BTP. Jam 09.00 acaranya. Ullalaaa...ini aja dah jam 09.00. Sedangkan perkiraan sampai di Manggar jam 10.30. Alhasil tuh bu Eva nanyain terus kapan sampai..hehe.

Jam 10:15 kita sampai di kantor Bupati Beltim. Kendaraan Bupati masih nongkrong di halaman depan. Tapi setelah tanya satpol PP dan dioper ke Kabag umum, mereka bilang acaranya di Gantong. Bersegera deh kami kesana. Jaraknya 18 km dari Manggar. Sampai di Gantong tepatnya di wisma PT. Timah ternyata acaranya belum mulai. Assyiiiik. Nunggu malah. Bupatinya ternyata emang masih di Manggar. Pan tadi mobilnya ada disono..yee.

Tunggu punya tunggu, sampai jam 3, bupatinya belum datang. Masih ada tamu sih katanya. Untung acara pengobatan sudah dimulai. Kurang lebih ada 100 pasien yang ikutan dengan aneka macam penyakit. Ada juga operasi minor, 6 orang dan operasi mayor 3 orang. Pengunjung yang berobat sudah pada pulang. Tinggal yang nunggu operasi bedah minor dan mayor. Sebagian dilakukan di gedung, sebagian di kapal, di floating hospital itu.

Nah, kurang 15 menit dari jam 16, Bupati Beltim, Basuri Tjahaya Purnama, tiba. tapi tetap saja tidak ada acara seremonial itu. Akhirnya kami ke kapal deh, pengen tau..

Ternyata floating hospital ini kapal nelayan biasa, yang disulap jadi rumah sakit. Biasa aja, jauh dari bayangan ku semula. Hehe,..tadinya sempat terbayang kapal memancingnya Tommy Soeharto sih. Yang mewah, halus dan mulus. Kapal ini kapal pinisi bekas yang direnovasi.Rumah Sakit Apung DoctorSHARE berukuran 23,5 x 6,55 meter dengan fasilitas rumah sakit seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien, ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur, toilet, serta ruang kemudi kapal. Kapal berukuran 23,5 x 6,5 ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat tidak mampu.

Kami menunggu dr.Lie yang sedang sibuk menangani pasien. Tapi lagi2 kerjanya hanya menunggu. Tetap saja nggak bertemu.Beliau sedang sibuk menangani pasien yang menderita hernia parah. Sampai jam 21.00 kami balik ke Manggar.

That's my first day in Belitong. Kisah di belakang layar. Klo liputan resmi tentang doctorSHARE di Beltim bisa dilihat disini, situs resmi doctorSHARE.