Sabtu, 03 Juni 2017

IDE DAN MOOD LAGI TERJUN BEBAS

#30HariMenulis - Day 3
(Task : Buatlah tulisan dari sudut pandang seorang Ibu, kalau kamu bukan ibu, berimajinasilah)

Inspirasi bisa datang kapan aja. Dimana aja dan saat lagi gimana dan apa aja. Kadang pas lagi mandi cibang cibung..tinggg.. tiba-tiba ada lampu di atas kepala. Kepikiran mau nulis apa gitu. trus mulai dah ada mesin ketik di otak yang cetak cetek cetak cetek mulai ngetik cerita dengan lancar dan ngaliiir banget. 

Begitu selesai mandi rencana sih mau buru-buru ngetikin ide yang tadi udah diketik di otak. Mau dipindahin ke hengpong biar gak lupa. Eh dilalah itu aer di teko bersiul udah nguing nguiiing berisik tanda airnya dah mendidih. Jadilah ngurusin aer dulu. Matiin kompor. Sekalian ah tuang aernya ke termos. Duh aernya malah tumpah-tumpah ke lantai. Daripada ntar becek bikin kepeleset mending di lap dulu deh. 

Ujung-ujungnya terlupakanlah niat menuangkan  ide di kamar mandi tadi . Langsung aja ganti baju. Make-up an..wangi-wangian. Setelah selesai baru ngambil hp dan mulai menulis. Inget-inget lagi aja ide tadi. Hmmm...tapi kok jadi susah ya nyusunnya. 

Perasaan tadi di kamar mandi lancar jaya, plotnya udah kena banget . Duh apa kudu balik lagi neh ke kamar mandi? bila perlu nongki sejenak di wece? tapi itu emang pernah ku cobain loh. Alhasil ya tetep mentok juga. Hadeh. Seriing bener kejadian kayak gitu.

Nah, itu terjadi juga untuk mood. Pas lagi lancar-lancarnya nulis rasanya ada jutaan kata yang bisa dituangkan. Bakal banyak paragraph, bakal ada sequel, bakal bersambung.  Widiw, dengan semangat 45 ngetiiik ampe banyak. 

Tiba-tiba si Asa teriak histeri dari halaman,

"Mamaaaaahh!!..."

Aku kenal betul nada suara itu. Teriakan yang gak boleh diabaikan. Biasalah..naluri emak-emak. Langsung aja hp ditinggal dan bergegas nyamperin Asa. Kulihat dia lagi jongkok disamping bunga matahari tanemannya. Mukanya terlungkup di pangkuannya.

"Kenapa sa?

Dia diem aja. Ku hampiri, ku lihat bunga mataharinya yang sudah geletakan disamping pohonnya. Tercabik-cabik. Padahal dari kemaren Asa sudah merengek gak sabaran mau petik tapi ku bilang bijinya belum cukup tua jadi tunggu beberapa hari lagi.

Aku bisa bayangin dah perasaan Asa gimana. Bunga yang disemai sendiri, ditanem, disiramin tiap sore, pas mulai berbunga dengan bangga dia fotoin trus dipamerin ke kakaknya yang di luar kota, dia tunggu sampe itu bijinya siap buat dipetik, -Asa suka makan kuaci-, tau-tau sudah tergeletak di tanah, dicabik-cabik anak- anak bandel tanpa perasaan. Olala..how poor..

Aku gak ngomong apa-apa. Ku raih bahunya, kubantu angkat berdiri. Asa mandangin aku, mukanya bilang kalau dia marah, kesal, kecewa, butuh mengomel dan memaki panjang pendek.

Aku ngangguk, ngeyakinin dia buat mengekspresikan perasaannya. Dia buang muka, nghampiri kembangnya, dan mulai ngomelin anak-anak bandel yang menganiaya bunga kesayangannya. 

" Mamah...!!..Aku....." dia keabisan kata dan matanya udah mau nangis.

"Kesel banget ya? Mau nangis? Sini peluk mamah"

Kubentangin kedua tanganku. Pelan-pelan Asa ngedeket, meluk aku dan nangis dah. Sebentar aja. Udah itu dia langsung beresin tanemannya lagi.

Huffffhh...inilah..mom's duty. Gak banyak kan, just show you care. 

Sudah tenang, sekarang bisa lanjut lagi nulis. Pas mau mulai lagi kok mood ilang. Udah dicari di kolong meja, di langit-langit, di balik bantal, di bawah kasur, di antara bisikan angin, di pahitnya kopi klasik, di helai-helai dedaunan, di antara bintang gemintang, di antara rindu tak bertuan, di kedalaman hati mu -helehhh..hahahah..lebay- tetep aja gak ada. Mandek dah. Ya udah ditunggu lagi aja lah mood-nya.

Tapi gimana kalau tulisannya sudah ditunggu. Pake tenggat. Terpaksalah tulis aja yang bisa ditulis. Ya kayak sekarang ini nih contohnya. Aku nulis apa aja jadinya. Padahal kemaren punya ide mau terusin cerita Point Turning yang masih panjaaaaang. Karena yang kemaren itu sebenernya masih awal kisah. Belum tengahnya apalagi akhirnya.

Tapi aku sakit gara-gara keujanan, kurang nutrisi dan jarang olahraga, hehe. Tau-tau aku jadi males nerusin ceritanya. Tiba-tiba gak tau harus mulai dari mana. Gak tau mau disusun kayak apa plotnya. Hmmm..

Sudahlah. Semoga besok mood dan ide berjalan lagi seperti seharusnya. Kuambil hammock, iketin kedua ujungnya di pohon kakao, baring-baring disitu nemenin Asa berkebun. Siapa tau dapet ide lagi :D

                                               *****************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar