Minggu, 02 Juni 2019

MEMULAI LAGI

Bagaimana bisa, kata-kata yang dulu sering berserakan tinggal comot dan susun lalu jadilah sebuah tulisan yang bisa dinikmati orang lain atau minimal oleh diriku sendiri, kini hilang lenyap. Biar kukais-kais tetap saja sulit.

Aku yang pernah menulis tentang trik untuk penulis pemula kini buntu, bahkan lebih parah dari seorang penulis pemula. Itulah efek berhenti menulis dalam jangka waktu lama. Seperti pisau tua yang lama tak digunakan, tumpul dan berkarat.

Ditambah lagi dengan malas membaca, jadilah sudah, aku akan makin tumpul dan terhenti terlebih jika menulis jadi sebuah tuntutan. Meski aku pernah mengalami masa-masa menulis dengan tuntutan deadline, tetap saja kesulitan untuk memulai kembali.

Seperti mengasah pisau tumpul dan berkarat, begitu pula agaknya yang harus kulakukan pada kegiatan menulisku. Perlahan saja. Lakukan dengan senang. Asah, basuh, bilas lalu asah lagi. Gunakan terus hingga kembali kata-kata itu berserakan tinggal comot lalu rangkai. Walaupun hasilnya belum memuaskan, tidak apa-apa. Lagipula aku tidak sedang dalam rangka memuaskan siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar