Jumat, 21 Oktober 2011

ARSIP 2

TENTANG TEMAN BICARA

oleh Amilia Souga pada 18 Agustus 2011 jam 22:24

apa bedanya bicara dengan seorang yang gemar mengobrol dan orang yang gemar menulis?

bicara dengan orang yang gemar mengobrol membuat kita harus lebih banyak mendengar dan menyimak. menunggu tiba saatnya dia bertanya, itu pun kalau dia benar-benar ingin tau apa jawabannya. kalau tidak dia akan memotong dan tidak membiarkan kita menyelesaikan menjawab pertanyaannya. jangan tersinggung, dia kadang dengan cepat melupakan apa yang lawan bicaranya katakan.

bicara dengan orang yang suka mengobrol akan berlangsung lancar dan lama. dia tidak suka adanya keheningan yang terlalu panjang. tak usah kuatir suasana akan beku dan kaku. biasanya dia dengan mudah menemukan topik baru kalau topik lama sudah membosankan. menghabiskan waktu dengan orang seperti ini menyenangkan. tapi akan sulit jika kita juga sangat suka mengobrol dan tidak bisa mengatur giliran. kita mesti pandai-pandai melihat celah untuk memotong. salah potong maka suara kita akan sia-sia tertelan oleh suaranya. jika kita cukup vokal maka yang terjadi adalah suasana ramai yang riuh rendah saling sahut menyahut. kalau disimak-simak, lucu rasanya, seperti orang yang sedang bertengkar.

bicara dengan orang yang suka menulis akan membuat kita harus lebih aktif memulai pembicaraan. biasanya mereka akan berbicara lambat dan memilih kata-kata dengan cermat. lebih suka menyimak jika lawan bicaranya aktif berbicara. tapi juga sigap mengisi kesenjangan dan menyodorkan topik pembicaraan ketika dibutuhkan. lebih informatif dan pandai bertanya untuk memancing reaksi lawan bicara. ibarat pemain bola, dia sigap mengumpan, mengocok, dan mengejar. sedikit data, penting atau tidak penting akan disimpannya dengan baik. kesannya lebih perhatian dan bijak.

kamu termasuk yang mana? salah satunya? atau malah keduanya? dan lawan bicara yang mana yang lebih kamu sukai??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar